Minggu, 18 November 2012

pengertian dan sejarah komputer

I.                  PENGERTIAN DAN SEJARAH KOMPUTER

Istilah komputer berasal dari kata “to compute” (bahasa inggris) atau “computer” (bahsa latin) yang memiliki arti “menghitung” karena komputer pertama diciptakan hanya sebagai penghitung

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan.

            Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.

            Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.
      Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh TVRI, dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam diatas kaset, data diatas kertas, serta cerita ataupun uraian yang ada didalam sebuah buku.

            Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah alat; Alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya program dan manusia. Pengertian manusia kemudian dikenal dengan gak brainware (perangkat manusia).

Sistem komputer merupakan kombinasi dari hardward (perangkat keras), softward (perangkat lunak), dan brainware (pengguna komputer).

Konsep hardware - software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu kedalam komputer. Setelah Setelah program tersimpan didalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.

Sejak pertam kali diperkenalkan pada tahun 1940-an, umumnya komputer masih menggunakan model von neumann yang menggambarkan komputer terbagi atas beberapa bagian, unit matematika dan logis (ALU), unit kontrol, memori, serta alat masukan dan hasil.

Saat ini komputer sering diidentikkan dengan personal computer (PC). Sebelum pc diproduksi, komputer ini hanya dimiliki oleh instansi pemerintah atau perusahaan besar saja. Komputer ini berukurang besar hingga seukuran ruangan, disebut juga superkomputer (mainframe).

Penggunaan PC pertama kali diproduksi oleh MITS (1975), dikenal dengan nama aitair.  Selanjutnya, IBM juga memproduksi PC dengan model 5110 pada tahun yang sama. Pada tahun 1976, jobs dan wozniak mendirikan perusahaan Apple inc & memperkenalkan apple 1.

Pada tahun 1981,PC IBM diproduksi dengan fungsi yang lebih lengkap, yaitu menggunakan prosesor intel 8088 dan system oprasi microsoft DOS (Disk Operating System).  Bedanya PC produksi IBM memiliki standar terbuka (open architecture) yang memberikan lisensi kepada perusahaan mamapun untuk membuat komponen komputer mereka sedangkan Apple tidak.

Perbedaan PC telah mengubah cara komputerisasi dan komunikasi. Dulu, komputer hanya digunakan untuk kepentingan bisnis dan pendidikan, sedangkan saat ini komputer juga digunakan sebagai hiburan (multimedia dan game).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar